Menikmati Keindahan Pantai Gesing, Kulineran, dan Foto Selfie

Foto Selfie di Pantai Gesing

Dulur Doyan Plesir, maaf banget ya lama nggak update cerita jalan-jalan kami. Nah, kebetulan nih kemarin aku bersama paksuami dan si bungsu abis berkunjung ke tempat kost si sulung. Pulangnya kami mampir untuk menikmati tempat wisata di Jogja. Tahu dong kalo Jogja itu punya banyak pilihan tempat wisata. Kali ini aku pengen main air di pantai.

Beneran nih nanti bakal main air ketika udah sampai di tempat wisata? Bukannya udah lama ya kalo ke pantai paling cuma foto selfie? Hihihiii.

Aku aslinya mupeng main air kalo wisata ke pantai. Namun kadang setibanya di lokasi, melihat tempat untuk bilas aja kadang mesti jalan jauh kan jadi malas ya. Belum lagi kalo tempat bilas itu sekadarnya aja. Kebersihan kurang, air juga menipis, kan bikin galau antara pengen main air tapi malas bilas. Ini alesyan aja sih *ups

Ya udah lah yang penting udah menikmati pantai, penglihatan pun sukses mendapatkan vitamin sea. Foto selfie pun cukup menjadi obat rindu bila lama nggak mantai. Yakaaan?!

Rute Menuju Pantai Gesing Jogja

Pantai Gesing terletak di Dusun Panjolo Mulyo, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul. Kemarin paksuami lewat ring road menuju kawasan Imogiri. Kemudian dari sana menuju Imogiri Timur – Kebon Agung – Selopamioro – Panggang. Dari sini cukup mudah, ada petunjuk jalan yang menuntun kamu hingga tiba di Pantai Gesing. Kalo bingung nanti tanya aja pada warga setempat, jangan nanya babang google ya.

Aku suka perjalanan darat gini, sepelosok kayak gimana, selalu ada pemandangan cantik yang bisa dinikmati indera penglihatan. Pepohonan yang tinggi menjulang, tanaman padi yang masih menghijau, ataupun tingkah orang-orang selama dalam perjalanan sungguh menarik untuk diamati.

Selama apapun perjalanan ini, aku menganggap sebagai ajang ngobrol dan curhat antara anggota keluarga. Jadi ya dinikmati aja meski kadang terjebak macet di bangjo, hahahaa.

Dari tempat kost si sulung yang terletak di kawasan Gentan, Kaliurang KM 10, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih 20 menit. Lebih dekat ya dibanding kalo kami ke tempat wisata pantai di kawasan Gunung Kidul. Dari kota Jogja masih butuh waktu kurang lebih 2 jam lebih, kadang sampai 3 jam. Makanya kami pilih pantai di kawasan Girikarto ini maksudnya agar tak kelamaan di jalan. Udah siang juga, abis shalat Dhuhur baru meluncur ke pantai.

Jalan menuju kawasan pantai di Panggang ini ukurannya enggak lebar, sempit malah. Harus hati-hati terutama saat menuju lokasi, karena makin sempit dan kadang berpapasan dengan pengguna mobil lainnya. Belum lagi di kanan dan kiri merupakan bebatuan karang yang tajam, jadi lebih baik mengemudi mobil atau motor dengan kecepatan sedang. Tapi relatif lebih nyaman sih kalo akses jalannya dibanding menuju pantai di daerah Gunung Kidul. Tanahnya pun di sini terlihat subur.

Pepohonan rimbun, baik pohon dengan batang keras maupun tanaman palawija. Rumah penduduk diselingi tanah pertanian menyambut kedatanganku dan keluarga. Jendela mobil pun dibuka demi menikmati udara yang sejuk.

Saya sempat bertanya satu kali kepada seorang pemilik warung, karena sempat ragu-ragu dengan petunjuk arah yang benar. Tapi ternyata arah yang kami tanyakan udah bener, hihiii… Makasih ibuuk, udah baik banget bantuin kami yang bingung karena petunjuk arahnya agak meleng.

Nah rute lain menuju Pantai Gesing, bisa diakses dari jalur Wonosari. Jalan menuju pantai Gesing bisa lewat Piyungan – Pathuk – kemudian masuk ke jalan Playen – Paliyan. Nanti ikuti aja jalur hingga mencapai Jalan Raya Panggang. Ikuti petunjuk seperti di atas tadi yaa.

Harga Tiket Pantai Gesing Yang Murah
Pantai Gesing ini sepertinya tidak setenar deretan pantai lain di Jogjakarta. Karena ketika saya kesana pada hari Sabtu, pengunjung yang datang masih bisa disebut nggak begitu banyak.

Kedatangan saya dan keluarga disambut aroma pucuk dedaunan yang wangi dengan berbaur udara khas pantai. Seger sih saat terhirup aroma air laut yang asin, ikan yang baru ditangkap oleh nelayan, dan udara senja di pantai yang cantik. Iya, Pantai Gesing ini memang tempat para nelayan mencari tangkapan ikan. Jadi kalo kamu datang, akan disambut juga dengan deretan warung makan di sisi kiri. Saya sempat mampir makan setelah puas bermain air.

Jadi saat mata saya memandang sampan nelayan yang berjajar di sisi kanan, saya langsung mencari keberadaan warung penjual ikan bakar. Wajar lah ya, biasanya kalo ada banyak kapal atau sampan milik nelayan parkir di tepi pesisir pantai, pasti ada warung makan yang mengolah ikan hasil tangkapan.

Saat memasuki area parkir, kami nggak dikenakan tiket masuk ke pantai. Jadi kami cuma bayar lima ribu rupiah untuk parkir mobil. Ada yang bilang tiket masuk ke pantai Gesing ini adalah lima ribu rupiah. Mungkin karena kami masuk saat udah mulai senja juga ya, jadi gratis.

Ngapain Aja di Pantai Gesing?

Begitu keluar dari mobil, udara panas sisa siang hari menampar wajah dan kulit saya yang terbuka. Namun sejenak kemudian semilir angin laut menghempaskan udara panas dan berganti kesejukan dan aroma lembab laut. 

Pantai Gesing memiliki bibir pantai yang tidak begitu luas. Diapit oleh dua bukit, mengingatkan saya pada Pantai Klayar di Pacitan. Namun pantai ini terlihat cantik dengan kondisi alamnya yang masih terjaga. Air laut nya masih bening, terlihat pasir berwarna kecoklatan yang agak muda. Sesekali muncul rumah kerang yang tersapu ombak dan terbawa di pinggir pantai.

Pengen sih nyebur dan mandi berbasah-basah layaknya anak-anak yang berlarian menjemput ombak datang. Namun saya lupa nggak bawa pakaian ganti. Akhirnya saya hanya berdiri sambil mengikmati suasana di sekeliling pantai. Sementara suami dan si bungsu yang menemani jalan-jalan kali ini pun hanya berjalan-jalan di sepanjang bibir pantai.

Nah masih penasaran mau ngapain aja kalo di Pantai Gesing? Yuk baca ya :

1. Bermain Air di Pantai

Iya lah namanya juga ke pantai, tentu yang paling asik tuh mandi dan berenang menjemput gulungan ombak yang tak henti terhempas ke pinggir pantai. Berenang di pantai Selatan tetap harus waspada ya, nggak boleh jauh dari bibir pantai. Nikmati aja bermain dengan ombak kecil di bibir pantai bersama teman seperjalanan.

2. Foto Selfie Sebanyak-banyaknya

 

Pantai Gesing
Di belakang saya, dekat dengan bukit itu lah pemancing berkelompok

Wisata di pantai itu jangan sampai kelupaan foto selfie. Kalo bisa sih bikin video juga karena sayang sih kalo kecantikan pantai dan alam sekelilingnya hanya terabadikan dalam foto yang statis. Saya udah bikin video nya juga, nanti lihat nya di channel Youtube saya aja ya, di www.youtube.com/hidayahsulistyowati hahahaa, belum bisa masukin link di sini.

3. Kulineran 

Pilih saja salah satu warung yang ada di pantai ini, semua nya harganya rata-rata sama. Dan lagi pemilik warung nggak mematok harga mahal. Menurut saya wajar aja, seperti yang kami pesan. 

kuliner ikan bakar di Pantai Gesing

Ikan yang ada, maklum datang udah sore jadi cuma kebagian ikan nggak komplit, nasi 1 bakul, minuman teh panas dan teh jeruk 3 gelas, kami hanya bayar 65 ribu rupiah. Duhhh murce banget yaaak. Saya waktu itu pengen pesen kepiting, sayang aja kalah gesit dengan mbak-mbak yang datang jeda lima menit. Hiksss… nyesel deh tadi main di pantai terlalu lama. 

4. Memancing Ikan 

Ada loh yang datang ke pantai ini untuk kegiatan yang bermanfaat yaitu memancing. Wohhh suami langsung deh tertarik melihat dari dekat. Dia suka mancing juga tapi di pemancingan atau di tambak, hahahaa.

5. Menginap di Homestay

Saya sih enggak menginap di sini karena pengen langsung pulang ke Semarang. Namun dari nanya-nanya pada pemilik resto, sewa homestay di Pantai Gesing cukup murah. Kamu bisa menginap dan menantikan senja berganti malam di pantai dalam suasana syahdu. Tuhh kan jadi mupeng bermalam di sana.

Selain itu dekat dengan Pantai Gesing ada spot foto seperti di anak tangga, perahu melayang, dan di taman. Kalo spot foto ini letaknya di atas bukit dan di sini ada juga resto sederhana. Untuk foto selfie di perahu melayang cukup bayar 20 ribu rupiah, sepuasnya deh foto di sana.

Nah, kapan kamu akan mengajak keluarga atau teman berkunjung ke Pantai Gesing yang cantik ini? Saya nggak tahu kondisi pantai kalo Hari Minggu, apakah bakal full atau juga sepi seperti saat saya kesana. Tapi apapun kondisinya, jangan lupa ya jaga kebersihan tempat wisata. Bawa pulang bekas minum atau bungkusan makanan untuk dibuang di tempat sampah. Salam doyan plesir.

Comments

  1. Damar Aisyah

    Kok perasaan pantai di Gunung Kidol tambah banyak ya, Mbak? Apa aku aja yang kudet, wkwkwk. Ini kayaknya masih belum terlalu ramai. Seru ih, buat hunting foto. Pengin juga nanti kalau ke Jogja mampir ke sana.

  2. Nurul Fitri Fatkhani

    Foto terakhir itu semacam ujung kapal yang bisa digunakan untuk melihat dari ketinggian, bukan, Mbak? Pemandangannya indah sekali ya …
    Sayang sekali kehabisan kepitingnya, tapi bisa makan ikan dengan sambal pastinya enak, deh! Apalagi harganya murce 🙂

  3. Indah Juli

    Daku baru sekali ke pantai di gunungkidul, yaitu pantai wediombo. Baca post mbak Wati, ku baru tau Pantai Gesing. Jadi pengen main-main ke Gunungkidul Handayani 🙂

  4. Dedew

    Duh pengen piknik juga ke pantai Gesing dan makan seafood yang Murmer, pengen bawa bocah ke pantai pasir putih pasti bahagia banget..

  5. Nanik Nara

    Saya suka suasana pantai yang nggak terlalu ramai gini, jadi bisa berlama-lama berendam di air. Benar-benar bisa santai, tanpa terganggu seliweran dan teriakan pengunjung lain

  6. Herva Yulyanti

    Baru tahu nih ada pantai Gesing di Yogya, emang ya mba kalau sore ke pantai biasanya yang dipungut biaya parkir aja jadi keingetan waktu ke pantai tikus emas di BAngka ga bayar cuman parkir aja 5000 hehehe

  7. April Hamsa

    Wah ada yang mancing rame2 yaaa 😀
    Seru banget pantainya kyknya masih blm terlalu hets jd masih terjaga kondisinya.Eh apa aku aja yg kudet nih soal pantai ini hehheh
    Enak banget jalan ke pantai trus menikmati kulineran seafoodnya ya mbak..

  8. Jiah

    Pantai di daerah Gunung Kidul tuh bedaaa tapi tetep indah. Aku baru ke Pantai Baron. Kalau ke Pantai Gesing belum. Kudu coba, tapi nginep juga di sana biar puas

  9. Diane

    Serunya main di pantai…apalagi ditambah makan seafood ..Semakin berkesan jadinya…Foto selfie jangan sampe ktinggalan..Acara wajib ya dimana pun dan kapan pun hehhe

  10. Rach Alida

    Wah makan nasi plus sambal dan ikan goreng setellah main di pantai tuh sungguh nikmat deh mba. Aku pun bakalan suka kalau kayak gini. Smoga kebersihan pantai maish terjaga baik ya. Aamiin

  11. Lidya

    Walaupun bibir pantainya sempit tapi terlihat bagus kok ya karena ada dua bukit di sisinya. Semoga kebersihannya bisa selalu terjaga ya. Aku belum pernah ke pantai Gesing nih kalau pas di Jogja.
    Makanannya menggoda banget ikan sam asambal kesukaan aku .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *