Pantai Ngobaran Gunungkidul: Satu Paket Wisata yang Berkesan di Hati

Siapa yang tidak mengenal Yogyakarta? Kota yang mampu membuatmu rindu untuk kembali mendatanginya ini memiliki segudang tempat wisata yang wajib untuk didatangi, salah satunya wisata pantai. Tidak hanya Bali yang memiliki pantai berpasir putih, di kawasan Gunungkidul kamu juga bisa menjumpai deretan pantai berpasir putih yang cocok dijadikan sebagai tujuan wisata.

Salah satu pantai yang wajib kamu kunjungi yaitu Pantai Ngobaran. Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya.

Tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam agar bisa berwisata di Pantai Ngobaran. Kamu cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp5.000,00/orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya retribusi untuk beberapa pantai di sekitar Pantai Ngobaran seperti Pantai Nguyahan dan Pantai Ngerenehan juga. Menarik bukan? Untuk biaya parkir kendaraan, kamu harus mengeluarkan biaya sebesar Rp3.000,00 untuk motor, Rp5.000,00 untuk mobil, dan Rp10.000,00 untuk bus. Biaya parkir tersebut sewaktu-waktu bisa berubah. Pada saat puncak musim liburan, biaya parkir di pantai ini bisa naik.

Dari Kota Yogyakarta atau Jalan Malioboro tepatnya, Pantai Ngobaran bisa ditempuh sejauh 53 km baik menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan. Meskipun kondisi jalan menuju Pantai Ngobaran sudah beraspal, tetapi tetap pastikan kondisi kendaraan kamu dalam keadaan prima. Hal ini disebabkan karena jalan menuju ke pantai ini memiliki medan yang berkelok-kelok. Terdapat beberapa rute yang bisa kamu lalui misalnya melalui jalan Wonosari dan Imogiri Timur. Untuk memudahkan perjalanan, kamu juga bisa menggunakan bantuan google maps. Dan pastikan kamu download peta offline di Google Maps karena seringkali sinyal hilang atau ada sinyal tetapi tidak bisa mengakses internet.

Seperti pantai-pantai lainnya yang ada di kawasan Gunungkidul, Pantai Ngobaran memiliki pemandangan laut yang memukau. Kamu akan disuguhi dengan hamparan air laut yang biru, batu-batuan karang, dan beberapa spesies hewan laut seperti bulu babi dan bintang laut yang bisa ditemui saat air laut sedang surut.

Di Pantai Ngobaran juga telah disediakan berbagai spot foto menarik dalam berbagai bentuk seperti bentuk kapal dan hati yang memiliki latar belakang laut. Agar mendapatkan foto yang bagus, kamu bisa memanfaatkan jasa fotografer yang banyak ditemui di sana. Berdasarkan pengalaman kami ketika ke sana, kami membayar Rp10.000,00 untuk tiga soft file foto.

Ketika berwisata di Pantai Ngobaran, kamu akan merasakan sensasi liburan seperti di Bali. Di sini, kamu akan menemukan bangunan pura yang sampai saat ini masih digunakan. Uniknya, tidak hanya bangunan pura yang bisa kamu temui.

Kamu juga bisa menjumpai sebuah bangunan masjid kuno yang memiliki ukiran tulisan arab di dindingnya. Lantai masjid ini pun berupa pasir pantai. Tidak seperti kebanyakan masjid lainnya yang ada di Indonesia, arah kiblat masjid yang ada di Pantai Ngobaran menghadap ke selatan atau mengarah ke laut. Namun, masjid tersebut sudah tidak digunakan lagi sekarang, dan tetap dipertahankan karena sebagai bangunan cagar budaya.

Di sebelah barat bangunan pura dan masjid, terdapat beberapa patung dan arca yang ditata sedemikian rupa. Beberapa patung dan arca ini mungkin sudah tidak asing kamu lihat misalnya arca Ganesha dan sebagainya. Di setiap patung dan arca terdapat tulisan yang berada di bagian bawah. Di sebelah selatan kompleks yang terdiri dari patung dan arca tersebut, juga terdapat sebuah patung Dewa Wisnu yang sedang menaiki Garuda dan menghadap ke laut.

Patung tersebut mirip dengan Garuda Wisnu Kencana yang ada di Bali, tetapi dalam ukuran yang lebih kecil. Di bawah patung tersebut terdapat cap telapak tangan dan bertuliskan β€˜kejawan’. Tidak jarang, terdapat sesaji persembahan yang terletak di sekitar patung Dewa Wisnu tersebut karena sampai saat ini tempat persembahan tersebut masih digunakan.

Jika berjalan lebih jauh lagi ke barat, kamu akan menjumpai sebuah batu karang yang letaknya terpisah dengan bangunan yang lain. Di atas batu karang dengan ukuran yang cukup besar tersebut terdapat bangunan seperti pura kecil yang digunakan untuk bersembahyang. Suasana mistis di Pantai Ngobaran akan kamu rasakan.

Di ujung jalan sebelah barat pantai tepatnya di bagian atas, terdapat Petilasan Woni Pantai Ngobaran. Tempat tersebut digunakan oleh sebagian orang untuk bersemedi. Petilasan ini berupa tanah berpetak yang tidak terlalu luas. Di petilasan tersebut banyak dijumpai sesaji. Kemudian, tidak sembarangan orang boleh memasuki petilasan ini.

Fasilitas yang disediakan pun sudah cukup lengkap. Di sini, telah disediakan tempat parkir yang luas sehingga bisa menampung kendaraanmu. Tidak hanya itu, fasilitas berupa kamar mandi dan toilet juga telah tersedia di Pantai Ngobaran. Selain bermain air dan belajar sejarah di Pantai Ngobaran, kamu juga bisa berwisata kuliner di sini. Memasuki area pantai, terdapat deretan warung yang menjual berbagai aneka masakan laut yang dijual dengan harga terjangkau. Berbagai macam cenderamata seperti kaos dan aksesoris pun bisa kamu beli di pantai ini.

Jadi, tertarikkan untuk berwisata di Pantai Ngobaran? Sudah dapat wisata selfie, budaya dan alam pada satu tempat. Mungkin dalam kesempatan lain bisa dikunjungi kembali beserta kedua pantai lainnya agar lebih mantap.

Copyright: Dian P. R. & Milzam R.

Comments

  1. Diah

    Mbak, ini koq viewnya kayak Bali ya? apa karena banyak patung-patung yang mirip di Bali gitu kali ya *padahal belum pernah ke Bali siih, hihihih.
    di Gunung Kidul banyak banget ya Mbak tempat wisata kerennya, mauu banget ke Jogja lagiiii

  2. A

    Pantai di Gunung Kidul banyak banget ya mbak. Ini termasuk baru atau gmn?
    Apa pantai ini juga merupakan lokasi/ tempat ibadah utk umat Hindu/ Budha? Kok ada sesaji diletakkan di sana? #kepoh πŸ˜€

    1. Post
      Author
      admin

      sudah ada ketika majapahit runtuh, salah satu bangsawan yang jadi pendeta kesini buat ngelarung semua kebesarannya. Yang masih dibuat peribadatan hanya yang pura. Masjidnya tidak memenuhi kriteria masjid karena menghadap selatan, dan petilasannya bagi yang mengetahui saja. Karena masih sedikit yang sadar ada petilasan ditempat tersebut.

  3. Rani Yulianty

    Duh jadi pengen ke pantai ngobaran, saat ke Jogja saya main di pantai sadranan, ternyata ada pantai ngobaran yang lebih apik pemandangannya dan banyak situs sejarahnya juga ya, penasaran sama masjid kuno dan patung-patung yang ada di sana, pengen lihat secara langsung

  4. Rani Yulianty

    Duh jadi pengen ke pantai ngobaran, saat ke Jogja saya main di pantai sadranan, ternyata ada pantai ngobaran yang lebih apik pemandangannya dan banyak situs sejarahnya juga ya, penasaran sama masjid kuno dan patung-patung yang ada di sana, pengen lihat secara langsung

  5. Yoanna Fayza

    Aku belum pernah ke pantai ngobaran karena jauh dari kota hahaa. kalau main ke pantai gunung kidul paling cuma sampai panggang aja, ngga kuat jalannya yg berkelok-kelok πŸ™

  6. Jiah

    Di Gunung Kidul itu pantainya banyak banget dan kece karena di sana agak gunung kan, tebing2 gitu. Yang pantai ini beda, kaya berbau hindu

  7. Lidya

    Ke Jogja aku belum pernah sekali pun mengunjungi pantainya, jadi pingin lihat pantau pasir putihnya. Biaya tiket masuknya juga murah banget ya apalagi bisa sekaligus mengunjungi pantai lain sekitar Pantai Ngobaran.
    Jadi seraya Balinya Jogja ya lihat bangunan-bangunan kaya gitu.

  8. Ira

    Entah mengapa, saya kok melihat tempat ini agak-agak mistis yaa, Mba? Kayaknya saya gak bakalan berani datang ke sini sendirian deh

  9. CatatanRia

    cakep sekali pantainya sukaaa deh, jadi gak perlu ke Bali atau lombok ya kalau mau main di pantai yang cantik πŸ˜€ ini dekat dengan rumah saudara, kalau kesana mau juga mampir ah

  10. Elly Nurul

    InshaAllah pertengahan tahun ini kami akan ke Jogya.. dan gunung kidul termasuk tempat yang akan kami kunjungi.. nah pantai ngobaran ini nih.. yang belum masuk list destinasi kami nanti di Jogya.. pengen juga berkunjung ke pantai ngobaran ini.. sekalian kan udah ke gunung kidul masa ngga ngepantai

  11. Wahyu Widyaningrum

    Belum pernah ke sana Mbak. Kok mirip dan memang mirip sama Bali ya. Ada banyak arca2nya gitu. Jadi penasaran pingin ke sana juga. Biasanya di GK nggak banyak yang ada arca patungnya gitu2. Mbikin makin kepo nih…

  12. Reyne Raea (Rey)

    Jadi kangen mantai.
    Padahal Minggu kemaren baru aja mantai di pantai yang pasir dan airnya coklat kayak susu hahaha

    Saya suka pantai, tapi ga tahan panasnya.
    Jadi biasanya mantai pas pagi hari.
    Belum pernah ke sini deh, kami kalau ke Jogja selalu ke parang tritis, sungguh selalu mainstream deh, padahal di sana banyak pantai juga ya πŸ™‚

  13. iidYani

    Jogja ternyata banyak tempat untuk berlibur ya, tempat ini salah satunya yang belum pernah saya ketahui, mudah mudahan ada langkah buat kesana πŸ™‚

  14. Melly Feyadin

    Tiap ke Jogja blm pernah bisa keliling2 dan menjelajahi semua tempat wisatanya.
    Kapan2 kudu harus ke sini nih. Keren banget.

    Aku pas ke Jogja kmrin cuma ke Pantai Parangtritis hehe. Soalnya deket dr rumah sodara.

  15. Arda Sitepu

    Wisata budaya adalah wisata paling menyenangkan apalagi melihat patung dan berbagai arca. Biaya masuknya murah banget cuma Rp5.000, parkir juga murah. Kalau untuk fasilitas makanan gimana mba?

  16. Raisa Hakim

    Cantik banget dan murah kalau udah ke Jogja itu gak bingung mau kemana ya pantainya ada, candi ada, gunungnya ada belum wisata hits kekinian juga ada. Mantap betuuuul udah gitu murah-murah juga 😍 laaaaav

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *