Tiga Destinasi Wisata di Muria

Muria merupakan sebuah daerah dataran tinggi dibawah kaki Gunung Muria. Seperti pada umumnya kaki gunung, pasti memiliki tempat pariwisata dong. Kawasan Muria sendiri menjadi pembatas antara Kota Kudus dengan Kota Jepara, dan inilah beberapa tempat wisata yang ada di kaki Gunung Muria.

1. MAKAM SUNAN MURIA

Pasar Menuju Makam Sunan Muria

Sunan Muria adalah salah satu personil Wali Songo yang menyebarkan Islam di Tanah Jawa. Sunan Muria dimakamkan di Pegunungan Muria. Secara administratif makam Sunan Muria terletak di Ds. Colo kec. Dawe kab. Kudus. Jawa Tengah.

Muria merupakan kawasan pegunungan, sehingga para peziarah harus menapak tangga sejauh 500 meter atau dengan menggunakan jasa  ojek untuk sampai ke makam. Para wisatawan religi berziarah untuk mengharapkan karomah dan ada yang mempunyai tujuan tertentu, misalnya menunaikan hajat, dan menunaikan nadzar.

 Di kiri dan kanan jalan atau anak tangga terdapat kios-kios yang menjual souvenir dan makanan khas Muria yakni Jangklong, parijoto, pisang, ganyong. Tiket masuk ke makan sunan muria (Colo) adalah 1.500/orang, dan apabila mebawa sepeda motor kita cukup menambah 1.000/sepeda motor.

2. AIR TERJUN MONTEL

Air Terjun Montel

Terletak satu kawasan dengan Muria (di desa Colo), dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki kira-kira 1 km dari makam Sunan Muria.Air terjun Montel adalah salah satu dari destinasi wisata alam di Muria yang letaknya paling dekat dengan makam Sunan Muria.Untuk dapat menikmati pesona alam air terjun Monthel cukup membayar 7.500/orang

Air terjun ini kadang digunakan sebagai tempat “pacaran” padahal ada mitos bahwa “kalau pacaran di Muria akan Putus”. Keindahan alam yang tersaji memberikan pesona tersendiri. Segarnya air dari Pegunungan Muria, dipadu dengan pemandangan alam yang masih hijau dapat memberi efek relaksasi pada setiap pengunjung yang datang.

Tak jarang juga, air terjun Montel menjadi tujuan bagi para siswa yang baru selesai melaksanakan UN, dan tentunya bagi para pengunjung yang membutuhkan relaksasi.

3. AIR TIGA RASA REJENU

Tangga Menuju Pintu Masuk Air Tiga Rasa Rejenu

Secara administrasi terletak di desa Japan Kec. Dawe Kab. Kudus, air tiga rasa merupaka satu kompeks dengan makam syekh Sdzali. Air tiga rasa konon adalah bekas tempat wudlu yang digunakan oleh Syek Sadzali. Dan sekarang berkembang kepercayaan bahwa air tiga rasa adalah manfaatnya yang tiga yakni kekayaan, jabatan, ilmu.

Untuk masuk ke obyek ini cukup membayar 7.500/orang (kalau sudah beli tiket di obyek air terjun Montel tidak usah bayar lagi). Dapat dicapai dengan menyusuri jalan setapak dari air terjun Montel atau memakai motor dengan melewati perumahan penduduk desa Japan.

Unsur utama obyek ini sebenarnya adalah makam syekh sadzali, namun karena mitos tentang air tiga rasa itu sangat kuat. Sehingga pengunjung apabila ke obyek tersebut hanya mencoba air tiga rasa dan tidak ziarah.

Copyright Foto dan Tulisan by Milzam Rifqi

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *